Tips dan Trik Cari Rumah

Kali ini saya akan coba mengupas semua pengalaman saya di dunia properti, yang mana dalam hal ini saya coba memaparkan tentang tips dan trik mencari rumah “perumahan” khususnya dan rumah “biasa” pada umumnya.

Adapun tips dan triknya adalah sebagai berikut:

  1. Carilah pengembang atau developer perumahan yang baru launching produk perumahannya, karena biasanya dapat harga khusus. (Kalau bisa jadi pembeli pertama) biar dibilang harga buka dasar
  2. Belilah rumah pada saat ada promo-promo khusus yang menawarkan discon, bonus, hadiah langsung, cash back, dll
  3. Teliti tentang; 1. bebas banjir dan 2. daerah yang aman. Karena 2 hal ini yang paling pertama kita pertimbangkan dalam memilih rumah. Jikalau rumahnya sering banjir apalagi tidak aman untuk apa kita beli walau faktor sudah sangat memenuhi.
  4. Jangan lupa tawar, karena kadang-kadang developer butuh dana cepat, nah kalau anda bisa memberikan uang muka yang lumayan besar tidak ada salahnya Anda coba tawar, siapa tahu developernya lagi kefefet. he…he…. (tapi jangan di perumahan kami ya)
  5. Kalau harga tidak dapat ditawar, coba minta bonus pada developer, contohnya pemberian tanah timbun, fasilitas elektronik, dll.
  6. Tanyakan tentang legalitasnya, seperti Sertifikat Hak Milik (SHM), Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Harus jelas dari awal-awalnya.
  7. Lihat apakah sudah ada yang KPR atau belum. Kalau sudah ada, sudah pasti legalitasnya tidak diragukan lagi.
  8. Jangan lupa berdoa, mohon petunjuk pada Allah SWT, agar tidak salah pilih. karena rumahkan mau ditempati sampai anak cucu.
  9. Kalau sudah cocok semuanya. Langsung aja bayar booking fee. Kalau ditunda-tunda bisa berdampak; 1. Harga bisa naik sewaktu-waktu, 2. posisi rumah yang kita inginkan di komplek perumahan itu bisa saja duluan di booking konsumen lain, 3. bisa timbul keragu-raguan untuk beli rumah (sayang uangnya, katanya….)
  10. Baca Bismillah dong, sebelum booking, agar rumah yang anda pilih tersebut nantinya membawa berkah sebagai sarana sakinah mawaddah warahmah
  11. dll, cari aja lagi ya, yang pasti pikirkan matang-matang sebelum membeli rumah. Kalau ada yang mau ditanya silahkan tinggalkan komentar ya. Terima juga kritik dan saran lo. untuk kemajuan bersama.

Akhirnya pesan saya semoga rumah anda menjadi rumah yang pantas anda katakan pada diri anda sendiri: RUMAHKU ADALAH SURGAKU, dan anda dapat katakan pada orang lain: INI LHOOO RUMAHNYAAA.!!

Tips dan Trik Cari Rumah Tips dan Trik Cari Rumah Reviewed by Marzuki Halim on Januari 22, 2010 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.