6 Tips Menghindari Hackers di Jejaring Sosial

Situs Jejaring Sosial semakin hari semakin Booming, 2 diantaranya adalah Facebook dan Twitter.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh banyak para Penipu untuk melakukan aksinya. Untuk itu, Anda harus berhati – hati dan Waspada terhadap segala macam bentuk penipuan yang ada di situs tersebut.

Misalnya yang telah terjadi pada Istri Penyanyi (Alm) Chrisye (Damayanti Noor). Pertama-tama Sang Hacker/Penipu meng-hack/ membobol dan menggunakan Account Damayanti Noor, lalu account ini digunakan untuk menipu/ meminta sejumlah uang ke teman – teman Damayanti. Biasanya Penipu meminta kepada teman – teman Damayanti untuk mentransfer uang dengan alasan saudaranya Sakit mendadak perlu dana untuk ke rumah sakit.

Nah, Bagaimana supaya hal ini tidak terjadi kepada anda?

Inilah 6 Tips Supaya Anda Terhindar dari Hackers, yang beraksi di Situs Jejaring Sosial maupun yang lainnya:

• 1. Pastikan ketika anda mengetik alamat Situs / URL-nya ini benar dan harap baca ulang tulisan tersebut di address bar itu sekali lagi sudah Benar atau Salah.

Misal: penulisan yang benar adalah www.facebook.com bukan www.fasebook.com, penulisan yang benar: www.klikbca.com bukan www.clickbca.com dsb.

• 2. Jangan selalu meng-klik link yang masuk ke email anda dari sumber situs yang belum jelas, biasanya anda ditawarkan untuk bergabung gratis ataupun penawaran lainnya.

Ini sangat berbahaya, anda harus perhatikan asal muasal email yang menawarkan tersebut. Apakah anda memang kenal dengan situsnya? benarkah anda harus konfirmasi dengan harus klik link di email tersebut? Cek ulang sebisa mungkin telpon dulu saja agar lebih aman.

• 3. Buatlah Password account yang susah ditebak orang.

Buatlah Password menggunakan gabungan antara huruf dan angka, dan juga gabungan dengan Huruf Besar (Capital) dan Huruf Kecil. Hindari Password yang sama dengan account lainnya, dan rubah Password secara berkala boleh seminggu sekali atau sebulan sekali.

• 4. Hindari Komputer Umum (Warnet dll) untuk masuk ke account anda.

Sebisa mungkin pakai komputer pribadi lebih aman karena data semua ada ditangan anda. Jika pakai komputer umum, sangatlah mudah untuk dibajak atau di-hack oleh penipu dengan cara: ruangan/ tempat tersebut dipasangin camera tersembunyi atau komputer tersebut diinstall Keylogger (software perekam ketikan di keyboard)

• 5. Jika memungkinkan Gunakan Virtual Keyboard sewaktu mengetikkan Password account.

Virtual Keyboard ini lebih aman karena tidak bisa direkam dengan Keylogger. Setiap komputer saat ini sudah terinstall program Virtual Keyboard yang bernama On Screen Keyboard, letaknya di Start > All Program > Accessories > Accessibility > On Screen Keyboard.

• 6. Simpan Password untuk anda sendiri dan jangan menuliskan Password di tempat yang tidak aman.

Jangan menuliskan Password di Kertas, di HP, di Dompet, atau dimanapun yang kurang aman karena mudah sekali pindah tangan ke orang lain.

Situs Jejaring Sosial sangat bermanfaat untuk kita terutama untuk Branding usaha kita, untuk Branding Produk kita atau juga hanya sekedar untuk mencari teman ngobrol dan bergaul.

Nah, Pesan saya anda harus tetap berhati-hati dan waspada dalam menggunakan situs jejaring sosial maupun situs yang lainnya. Jika anda punya pengalaman mengenai ini, silakan tuliskan di kolom komentar, Terima Kasih.

6 Tips Menghindari Hackers di Jejaring Sosial 6 Tips Menghindari Hackers di Jejaring Sosial Reviewed by Marzuki Halim on Juli 26, 2010 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.